Jumat, 26 Mei 2023

Cikarang Menjadi Kota Industri Terbesar di Indonesia

Salah satu alasan mengapa lulusan SMA/SMK atau yang setara memilih melanjutkan kuliah adalah untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi, memperluas jaringan dan relasi, meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, serta mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Meskipun kuliah bukanlah satu-satunya jalur untuk mencapai tujuan karier, memiliki gelar sarjana atau sedang menjalani pendidikan tinggi memberikan keuntungan dalam membangun karier dan mendapatkan pekerjaan di perusahaan. Banyak perusahaan di Indonesia masih menganggap ijazah sebagai syarat awal untuk lolos dalam proses seleksi penerimaan karyawan, terutama pada perusahaan besar yang menerima banyak pelamar dan perlu melakukan penyaringan untuk memilih kandidat yang sesuai dengan persyaratan pekerjaan yang dibutuhkan.

Cikarang, sebuah kota di Kabupaten Bekasi yang terletak di sebelah timur Jakarta, dikenal sebagai kota industri terbesar di Asia Tenggara. Cikarang ada juga kawasan industri Jababeka dan kawasan EJIB yang berdekatan dengan kawasan MM2100.

Sejarah Cikarang sebagai kota industri terbesar di Asia Tenggara dimulai dari saat ini. Cikarang merupakan pusat pemerintahan dan ibu kota Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Kota Cikarang terdiri dari 23 kecamatan dan secara resmi didirikan pada tanggal 15 Agustus 1950. Cikarang menjadi salah satu pusat kawasan industri skala nasional dengan lebih dari 2000 perusahaan, antara lain kawasan industri MM2100, Jababeka, Delta Silicon, EJIP, BIIE, dan Kawasan Industri di Kota Delta Mas yang bernaung di bawah grup Lippo dari berbagai negara.

Tentunya, kawasan industri ini membutuhkan banyak karyawan di berbagai tingkatan, mulai dari level operator hingga level manajemen tertinggi. Sebagai pusat industri yang berkembang pesat, Cikarang menawarkan peluang kerja yang luas bagi para pencari kerja.

Beberapa perusahaan mulai mempertimbangkan kriteria seleksi karyawan selain dari ijazah, seperti pengalaman kerja, keterampilan, serta kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh calon karyawan. Jurusan Informatika dan Sistem Informasi menjadi salah satu program studi yang diminati oleh banyak mahasiswa.

Selain itu ada Juga jurusan Ilmu Komunikasi, Program studi ini melibatkan pemahaman tentang teori komunikasi, media massa, komunikasi antarpribadi, komunikasi organisasi, komunikasi politik, hubungan masyarakat, jurnalistik, dan bidang terkait lainnya yang berkaitan dengan komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Full width home advertisement

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia